Selasa, 23 Desember 2008

awal dan menuju akhir perjuangan...


tahun 2005
awal aku memasuki jagat perkuliahan dengan sejuta tanya dan tujuan yang mengambang.. mau jadi apa dengan kuliah di jurusan pendidikan bahasa Prancis? orang bilang aneh, kurang kerjaan dan sia2. semua opini itu bikin aku males dan kadang menyesali mengapa aku harus sampai pada jalan ini, menjadi bagian anak-anak yang salah jurusan. tapi entah kenapa setahun saya jalani dan coba setiap proses yang ada,, saia mulai dapat jawaban bahwa kuliah tidak selalu berhubungan dengan profesi kita kelak,, tidak ada sesuatu yang terjadi secara kebetulan di dunia ini, semua sudah digariskan oleh yang maha kuasa, karna menurut saia Allah jugalah yang mentakdirkan segalanya,, jadi apapun profesi saya kelak Tuhan pula yang menentukan. ketika kita hanya menyesali maka kehancuran pula yang akan kita dapat di belakang.



kuliah adalah fase penting dalam kehidupan saia. dimana saia kembali pada titik nOl lalu berjuang merangkak, lalu berjalan dan mempertahankan. saya masih ingat dosen écrite atau writing mencoret tangan kami karna struktur kami salah dalam mengarang, masih ingat pula dosen prononciation kami membuat mulut kami monyong dan berbusa hanya demi bisa berkata dengan benar "bonjour madame..". tapi belakangan saya sadar itu bagian dari proses..setiap orang yang ingin berhasil harus melalui proses tersebut.

gak terasa hampir 4 tahun lebih saya lalui ini smua..saya menenggelamkan diri dalam pembelajaran, berjuang dari mengenal huruf, membaca, dan mengartikan setiap kata hingga membuat karangan dalam bahasa Prancis, membuat saya sadar pula saya juga harus mengenal, membaca dan mengartikan kehidupan ini..

perjuangan masih berlanjut sebelum akhirnya berakhir.. kuliah hanya awal kehidupan dan perjuangan tetap berlanjut hingga aku mati..COURAGE!!!

0 komentar: