Jumat, 17 April 2009

si doel anak sekolahan

image from: google
akhir2 ini pengen banget cari hiburan ditengah penatnya bikin skripsi yang gak kunjung progres, yah sering makan ati gara2 skripsi, ya masalah susahnya cari dosen, dan blibet2 skRipsi yang laen. gak mau aja cuma gara2 skripsi liver saya kena,, hua.. rugi banget emang hidup cuma buat skripsi, huh!! hehehehe.. 
asal tau aja demenan saya yang baru tu nonton sinetron, hua padahal aku mengutuk habis2 an sinetron, eits tunggu dulu yang ini sinetron jaman jebot, masih pada inget bang doel, mandra, atun, mak nyak, mas karyo, jenab, sarah, engkong, pak bendot dan lain2 kan?? huah gara2 ini jangan janjian sama saya sekitar jam 8-10 pagi soalnya saya pasti datang terlambat dengan alasan nonton si doel anak sekolahan. dikepruki ae.. hehehe..
alasan suka sinetron ini, pertama, karna lucu, saya terhibur ma tingkah2 nya basuki sama mandra dan pemain lainnya, akting mereka yang khusus sinetron itu alami banget, dan kedua, saya sih ngaku anak sastra saya gabung2 in aja sama teori sastra, dengan pendekatan sosiologi sastra, cerita mereka adalah cerminan masyarakat betawi pada saat itu.. gak dibuat2 meski fiktif, tapi apa adanya, jujur, tentang seorang anak betawi yang ingin maju ditengah arus globalisasi namun harus berada pada kepungan norma masyarakat betawi pada jaman itu yang notabene belum 'ngeh' masalah pendidikan dan hal2 berbau kemajuan. sesuai yang dibilang dalam bukunya Wellek dan Werren, bahwa karya sastra baik roman, novel, puisi, drama bahkan film tidak lahir dalam kekosongan budaya, mereka lahir berkat kondisi sosial pada jaman tertentu.. jadi bisa jadi cerita si doel anak sekolahan adalah cermin dari masyarakat atau pemuda betawi saat itu.. Mungkin! semoga hipotesis saya tidak salah.. hehehhe
yang terakhir, semoga dapat pelajaran dari celotehan para pemain sinetron ini. hehhehe biar kate ketinggalan jaman, tapi asli lho tayangan ini lolos sensor saya.. masalahnya ya itu saya ngrasa mengambil pelajaran dari tayangan ini... 
"aduh sialan! si si doel anak betawi asli kerjaannye sembahyang mengaji, tapi jangan bikin die sakit hati.. " (0st. si Doel anak sekolahan) biarin, biar kate jadoel, penting aye demen ame bang doel, :P

4 komentar:

PNMF mengatakan...

Ga selamanya produk (yang dibuat pada masa) Orde Baru itu buruk... Sinetron Si Doel adalah buktinya

akunamasao mengatakan...

huwaaa... kelingan jaman cilik..
hihi..


Si Doed anak pak DJ..

Mokhamad Rifqie mengatakan...

si doel emg legendaris, aq baru j mau posting tentang itu dut...

sinetron dg rating tertinggi di Indonesia, gak ada make up tebal, cewek bule yang jadi pembantu, anak kecil yang matanya tiga, ular ularan dan naga terbang...

semuanya polos, jujur dan keliatan bgt dibuat dari hati...

sekarang si doel udah jadi wakil bupati, sesuai dg yang dicita citain babe Sabeni...

gagagaga, btw rsvp singkatan dari apa ya dut??? aq kok lupa...

idoet mengatakan...

@PNMF : yup betuuul.. haha gak smwa produk OrBA kita singkirkan

@masao : ah bisa ja deh masao..

@rifqie : hehehe kedhisikan aku brarti posting e.. aku penggemar bang doel hehehe

setauku kalo di surat2 berupa undangan berbahasa prancis RSVP ki Repondez S'il Vous Plait.. alias silahkan jawab undangan tsb.. begitu kira2 tapi gak tau kalo bahasa lain..