Selasa, 26 Mei 2009

aku dan test DELF


Akhir2 ini, lagi sibuk dengan project baru.. hu..hu gayane.. iyah! pengen lulus DELF B1.. wah apaa tu DELF? pasti pada binun yaa..??. DELF adalah kepanjangan dari diplome d'études en langue Français, yaitu sertifikat kelulusan untuk pembelajar bahasa Prancis. ya mungkin semacam test TOEFL kalo bahasa Inggris. DELF sendiri punya tingkatan yaitu A1, A2, B1, B2,C1, C2. saya sebelumnya sudah pernah menjalani test ini tapi baru lulus A2, itu adalah untuk pembelajar pemula.

dulu waktu test yang A2 sie.. ,masih bisa leha2 soalnya gak yang susah2 amat. dan Alhamdulillah saya lulus. tapi kalo yang B2 ini harus intensif buk, soalnya sudah barang tentu lebih sulit. test DELF ke semuanya ada 4 ketrampilan yang di ujikan yaitu :Compréhension orale (listening) Compréhension écrite (reading) Production Ecrite (writing) Production Orale (speaking/interviu).

setiap tingkatan pastinya akan lebih berat, contonya buat yang C1 dan C2 itu adalah tingkatan tertinggi biasanya ya buat orang prancis sendiri. mungkin kalo tak bayangin semacam orang indonesia yang tes bahasa dan sastra Indonesia.

see! inilah salah satu usaha orang prancis untuk mempertahankan bahasa mereka. karna test ini disesuaikan dengan standar CECR (Cadre Européen Commun de Réference) pour les langues. pokoknya standar dari Eropa dan sertifikatnya berlaku seumur hidup.
so
, aku mau blajar n latian coz gara2 ikut ini saya harus menyisihkan uang beasiswa saya. hehehehe....

0 komentar: