Jumat, 08 Juli 2011

Bukan Babysitter Biasa (BBB part 1)

hmm kata BBB mengingatkan aku dengan kiki, teman les di CCF Jogja. waktu itu kami (ada seorang teman, saya dan kiki) adalah the pathetic three (pinjam kata2 andrea hirata) di kelas kami. sehingga kami menyebut diri kami sendiri BBB alias Bego Bego Bersaudara. hmmm ingat masa itu sangat terkesan dan merasa lucu sendiri. tapi kali ini bukan si Bego-Bego Bersodara yang mau saya share. tapi adalah pengalaman saya dengan profesi baru yang sedang saya geluti yaitu jadi seorang baby sitter.

yah, whatsoever pandangan kalian tentang profesi saya yang sama sekali gak elegan banget ini, tapi saya tetep suka dengan kerjaan baru ini. mereka bilang ini profesi rendahan, tapi saya cari duit halal. dan ini adalah bagian dari proses hidup yang harus saya jalani. dan dari sinilah saya belajar living in a diversity, learn the culture, take the responsiblity, being a professional, and of course taking care the baby.

keluarga yang menerima saya dengan tangan terbuka sebagai baby sitter adalah keluarga Le Souriau. mereka adalah pasangan suami istri asal Prancis yang akan tinggal di Jogja selama 2 Tahun. Juragan saya adalah seorang yang kerja di Danone atau PT. Sari Husada. sedangkan mereka punya anak baby 3 Bulan bernama Maxime, yang sekarang jadi little boss saya. keluarga, teman kuliah dan siapapun takkan pernah menyangka saya menerima pekerjaan ini, mungkin mereka pikir saya adalah desperate jobless, and they're true ... yes i am. :)

Perkenalan berawal dari mantan dosen di kampus yaitu bu yeni. dia adalah mantan pembimbing skripsi dulu. Sepertinya kluarga Souriau dengan dosen saya telah berteman cukup akrab sebelumnya, dan singkat cerita rejeki bebi siter ini jatuh ke tangan saya. hari pertama kerja saya kenalan dengan 2 orang partner saya pertama adalah bu yono (housekeeper), mas Aris (Driver) .
kesan pertama ketika pertama kerja adalah rumah yang sangat teratur. bukan hanya dalam arti kata rapi dan bersih. tapi semua aktivitas penghuni rumah telah ter manage dengan peran dan tugas masing2 setiap anggota kluarga. job description saya adalah tentu saja mengurus semua yang berhubungan dengan maxime. yaitu menyiapkan ASI, mengganti diaper, dan selama shift 12 jam dia menjadi tanggung jawab saya. kami (saya dan maxime) masih sangat asing satu sama lain. saya sendiri melihat dia, bayi bule yang putih bersih, tak pernah pake baju (hanya pampers). dan ya he is a cute baby, alias bayi bule banget (BBB lagi deh. hehe). mungkin dia juga asing dengan saya yang berjilbab, berkulit kecoklatan, yang masih ketakutan ketika dia ditaruh digendongan saya. tapi ajaib, tak perlu waktu seminggu beradaptasi, smua undercontrol, and so far so good.

sudah hampir dua minggu berada disini. satu yang saya ambil pelajaran dan saya sangat sepakat dengan itu. pembantu, adalah orang yang membantu, bukan orang yang mengerjakan segalanya untukmu dengan gaji yang bisa kamu berikan serendah2nya. kenapa bisa begitu? baiklah kawan, penjelasannya terpisah dipostingan yang lain, yang akan saya posting selanjutnya.




0 komentar: